Jumat, 10 Oktober 2008

Dasyatnya Seuntai Paragraf Cinta Sang Murobbi

Apakah yang kita kenal tentang pengorbanan demi sebuah persaudaraan dalam islam? sungguh suatu hal sangat menginspirasi mengkaji kembali mutiara-mutiara dari untaian kata yang tiada bandingannya dari Rasulullah saw.
Masih ingat kisah Rasulullah, Abu bakar, dan Umar al Faruq ketika pasca penyelesaian masalah tawanan perang badar. Rasulullah mengambil pendapat Abu Bakar untuk memerdekakan tawanan dengan mengambil denda dari pada membunuh tawanan seperti yang diopsikan Umar. setelah turunnya firman Allah swt yang menyetujui pendapat Umar, seketika itu juga Rasulullah dan sahabat terkasih Abu Bakar menangis karena ditegur oleh Allah. ketika dua orang sahabat itu menangis, Umar tiba-tiba datang dan melihat mereka menangis.
Umar lalu menyatakansuatu paragraf cinta yang akan terdengar aneh namun nyata jika kita kita mendengar dizaman sekarang: "Ya Rasulullah, Ya Abu Bakar. apa yang membuat engkau bedua menangis...? jika aku mengetahu alasannya akupun akan menangis....,
setelah Rasulullah saw menjelaskan perihal pendapatnya (pendapat Umar)lah yang disetujui Allah, lalu apa yang dikatakan oleh Umar al Faruq. apakah beliau mengatakan: Tuh kan, apa yang saya bilang..., atau berbangga hati dengan mengatakan bahwa pendapatnyalah yang terbaik dan harus segera diikuti. tidak, sungguh tidak wahai saudaraku...!
saat itu juga Umar ikut menangis demi sebuah cinta berempatii bersama sahabat tercinta...
atau, mari kita mengingat episode sejarah

Tidak ada komentar: